Overblog
Editer l'article Suivre ce blog Administration + Créer mon blog
bribri27.over-blog.com

Gadai BPKB, Solusi Termudah dan Cepat

Gadai BPKB, Solusi Termudah dan Cepat! Siapa yang tak mengenal istilah pegadaian? Sebuah tempat rujukan banyak orang ketika membutuhkan dana cepat dan mudah. Sistem gadai memang sudah dikenal masyarakat sejak dulu. Cepat dan mudahnya proses membuat masyarakat memilih sistem ini.

Gadai bpkb, banyak hal yang bisa digadaikan. Mulai dari barang kecil hingga yang besar nilainya. Emas, intan, berlian, kendaraan bermotor, bahkan sampai rumah pun bisa digadaikan. Sistem gadai sendiri meski mudah tapi beragam, tergantung kebijakan masing-masing pihak.

Untuk jenis gadai bpkb sendiri, bisa bpkb mobil ataupun motor. Namun, banyak orang lebih memilih gadai bpkb motor. Selain bunga kecil, cicilannya pun juga ringan. Tapi, bukan berarti bebas resiko. Setiap pegadaian memiliki perjanjian resiko masing-masing diawal.

Gadai bpkb motor misalnya. Jika cicilan kalian tidak sesuai tenggang waktu yang ditentukan, kalian harus menerima apapun konsekuensinya. Bukan tidak mungkin jika BPKB tersebut akan disita oleh pihak pegadaian.

Tapi, pilihan menggadaikan BPKB ini juga merupakan pilihan bagi kalian yang membutuhkan dana cepat tapi tidak memiliki aset selain BPKB kendaraan yang bisa dijaminkan.

Misal pilihan kalian adalah gadai BPKB motor, kalian cukup siapkan beberapa persyaratan yang diminta. Misal fotocopy KTP, BPKB, dan identitas diri kalian yang lain. Nantinya, pihak pegadaian juga akan melihat kondisi motor sebelum memberikan tanda jadi kepada kalian.

Persyaratan nantinya pun tidak akan serumit jika kalian menggadaikan sertifikat tanah atau surat berharga lainya. Karena nominal yang didapat pun juga berbeda. Lebih besar dari gadai BPKB.

Nah, bagi kalian yang ingin melakukan gadai BPKB, berikut ada beberapa tips untuk kalian agar tidak mudah tertipu dan bisa memilih pegadaian yang tepat. Tips-tips tersebut antara lain adalah :

Pilih Perusahaan yang Aman dan Terpercaya
Sudah sepatutnya kalian memilih perusahaan gadai yang terpercaya. Banyak perusahaan gadai yang melayani gadai BPKB, namun alangkah baiknya jika kalian cek juga kelengkapan dari jasa mereka.

Pastikan pegadaian tersebut terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Selain itu cek juga lembaga tersebut terdaftar atau tidak di Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI). Ini semua untuk berjaga-jaga gadai BPKB kalian ‘menginap’ ditempat yang tepat atau tidak.

Pilih Pegadaian dengan Bunga Paling Ringan
Setiap lembaga pegadaian pasti akan menawarkan pinjaman dengan bunga yang beragam sesuai angsuran tiap bulan nantinya. Karena termasuk kredit beragam, pastikan kalian memilih bunga paling ringan, ya guys!

Jangan sampai kalian hanya pinjam 10 juta tapi harus membayar bunga yang luar biasa. Meski butuh dana cepat, dalam hal gadai BPKB kalian juga harus tetap jeli, cermat, dan penuh pertimbangan sebelumnya, ya.

Perhatikan Ketentuan Pinjaman
Setiap lembaga tidak akan begitu saja meloloskan nasabah untuk bisa meminjam uang. Meski mereka menawarkan dana cepat, tetap saja mereka memiliki berbagai prosedur yang harus di laksanakan oleh calon nasabah.

Diantara ketentuan tersebut adalah dimana usia motor maksimal sembilan tahun. Jika lebih dari itu, ajuan pinjaman kalian biasanya akan ditolak. Selain itu, prosentase cairnya gadai BPKB pun hanya delapan puluh persen dari total nilai agunan.

Alternatif Gadai Online
Segala sesuatunya sekarang serba dipermudah. Semua sistem memakai basis online. Tidak terkecuali sistem pegadaian. Berbagai industri financial technology atau fintech kini mulai bermunculan, diantaranya adalah pinjaman secara online.

Caranya pun gampang, cukup foto berkas gadai BPKB kalian dan unggah ke laman yang disediakan. Nantinya akan ada petugas sendiri yang akan menaksir jumlah uang atau dana yang dicairkan.

Selain itu, kalian juga harus tetap datang ke kantor cabangnya untuk verifikasi persyaratan lebih lanjut. Namun sayangnya, kantor cabang ini hanya ada di Jakarta saja. Jadi, kan sedikit merepotkan bagi kalian yang tinggal di luar Jakarta.

Meski sistem gadai BPKB ini secara online, beberapa langkah lainya juga dilakukan secara offline atau tatap muka secara langsung dengan petugas untuk memberikan persyaratan lanjutan.

Jangan Lupa Cicil Tepat Waktu, Ya!
Tips paling penting dan utama adalah bayar cicilan tepat waktu. Jangan sekali-kali mengentengkan cicilan jika kalian tidak ingin hutang kalian terus menumpuk, ya kawan-kawan.

Jika kalian rutin bayar cicilan gadai BPKB, pihak bank atau pegadaian akan percaya pada kalian. Bukan tidak mungkin, jika sudah habis masa cicilan, kalian akan ditawarkan lagi dengan pinjaman lebih tinggi dan bunga lebih rendah.

Namun, jika cicilan saja kalian nunggak, banyak resiko yang akan kalian dapat nantinya. Selain di blacklist oleh Bank Indonesia, bukan tidak mungkin jika BPKB dan kendaraan yang dijaminkan akan disita.

Nah, setelah mengetahui tips-tips dalam menggadaikan BPKB, alangkah baiknya jika hal-hal diatas benar-benar diperhatikan ya kawan-kawan. Semoga pembahasan tentang gadai BPKB kali ini bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dan terima kasih.

Partager cet article
Repost0
Pour être informé des derniers articles, inscrivez vous :
Commenter cet article